Tips Cara Menghitamkan Rambut Dengan Bahan Alami

Advertisement
Dapat anda simak cara supaya rambut hitam yang akan saya ulas pada kali ini, jadi bagi yang menginginkan rambutnya menjadi berwarna hitam bisa menyimaknya berikut ini. Akan tetapi cara disini bukan menggunakan pewarna rambut atau cat rambut.

Karena jika memakai pewarna rambut akan menyebabkan rambut rusak menjadi lebih parah, alasannya dari bahan tersebut akan mencegah datangnya nutrisi dan minyak untuk masuk kedalam serat-serat rambut.


Maka dari itu saya menyarankan anda untuk menghitamkan rambut dengan cara alami, seperti berikut tips cara menghitamkan rambut dibawah ini.

Tips Cara Menghitamkan Rambut

Gunakan Biji Kemiri
Biji kemiri memang sudah sejak lama dikenal memiliki manfaat untuk menghitamkan rambut. Rempah-rempah yang satu ini bahkan sekarang juga sudah digunakan untuk campuran berbagai macam shampo. Produk-produk kosmetik hasil olahan biji kemiri seperti misalnya minyak kemiri juga sudah bisa anda temukan di toko-toko kecantikan. Cara membuat minyak kemiri sebenarnya juga cukup mudah, cukup haluskan biji kemiri secukupnya, rebus dalam air, lalu gunakan air rebusan kemiri ini untuk keramas.

Pilih Shampo yang Tepat
Untuk menghitamkan rambut, sebaiknya pilihlah produk shampo yang memiliki label extra body shampo atau volumizing shampoo. Shampo dengan kedua label tersebut memiliki efek untuk membuat rambut menjadi tampak lebih hitam dan tebal. Namun sebaliknya, hindarilah penggunaan shampo anti ketombe jika tidak diperlukan. Shampo anti ketombe akan memberikan efek kering pada rambut sehingga rambut akan tampak kusam dan lepek.

Gunakan Serum Rambut
Rambut yang kusam dan berubah warna biasanya disebabkan karena kekurangan nutrisi. Serum rambut (hair serum) dapat dijadikan salah satu pilihan untuk memberikan nutrisi tambahan bagi rambut dari luar. Selain menyehatkan, serum rambut juga merupakan bahan kosmetik yang juga berfungsi untuk memperbaiki penampilan dan juga mengembalikan kilau rambut anda.

Pakailah Shampo Mengkudu
Buah mengkudu kini sudah banyak diolah sebagai bahan pembuat shampo karena buah ini memang sudah terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan rambut. Sebenarnya anda bisa menggunakan langsung buah mengudu segar untuk dioleskan pada rambut, namun karena baunya yang menyengat, mungkin akan lebih baik jika anda menggunakan produk jadi shampo mengkudu.

Gunakan Bunga Sepatu
Siapa sangka bunga yang tumbuh dari tanaman pagar ini ternyata cukup ampuh untuk menghitamkan rambut. Bagian mahkota bunga sepatu ternyata sangat kaya akan kandungan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tak heran jika kini bunga sepatu juga banyak diolah sebagai teh kesehatan.
Cara penggunaannya : remas-remas tiga atau empat tangkai bunga sepatu yang sudah direndam dalam air sampai mengeluarkan lendir, kemudian oleskan lendir bunga sepatu ini pada rambut. Setelah itu, diamkan rambut selama 15 menit lalu bersihkan rambut dengan cara keramas memakai shampo.

Gunakan Kangkung
Daun dan batang kangkung sangat kaya akan kandungan berbagai mineral organik yang bermanfaat untuk membuat rambut menjadi sehat serta memberikan efek rambut menjadi tampak lebih hitam dan berisi. Cara penggunaannya, cuci bersih 1 ikat kangkung lalu rebus sampai lembek. Setelah itu, gunakan air rebusan kangkung tadi untuk keramas. Cukup lakukan cara ini 2 kali sebulan dan jangan lupa untuk selalu bilas rambut dengan shampo setelah menggunakan air rebusan kangkung ini.

Air Seduhan Teh Basi
Anda bisa menggunakan segala jenis teh terutama teh hijau. Cara menggunakannya juga mudah, cukup seduh segelas teh dengan air panas lalu diamkan selama satu malam. Kemudian gunakan air seduhan teh ini keramas paling tidak dua hari sekali pada pagi hari. Fungsi dari mendiamkan teh selama satu malam adalah agar nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam teh seperti kalsium, zinc, fosfor, serta vitamin dapat keluar dengan sempurna sehingga rambut juga lebih bisa efektif dalam menyerap nutrisi teh.

Gunakan Biji Pepaya

Jangan buang semua biji pepaya mulai sekarang karena "sampah" ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi rambut, terutama untuk menghitamkan dan memperkuat rambut. Cara penggunaannya, sangrai biji pepaya yang masih segar, tumbuk sampai halus biji pepaya hasil sangrai, campurkan dengan air secukupnya, gunakan untuk keramas, lalu diamkan rambut selama 10 menit sambil disisir-sisir menggunakan tangan, setelah itu cuci rambut dengan air sampai bersih.


Advertisement